Muhammad Kafrawi, S.S., M.Sn.
Galeri Pimpinan
Dr. Mohd. Fauzi, S.S., M.Hum.

Dekan
Iik Idayanti, M.Hum.

Wakil Dekan I
Jefrizal, S.Hum., M.Sn.

Wakil Dekan II
Muhammad Kafrawi, S.S., M.Sn.

Wakil Dekan III
Dra. Sorta Hutahaean, M.Pd.

Ketua Program Studi Sastra Inggris
Pinto Anugrah, S.S., M.A.

Ketua Program Studi Sastra Indonesia
Eko Noprianto, S.IP., M.A.

Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan
Ridwan, S.Ag., M.Sy.

Ketua Program Studi Sastra Daerah (Melayu)
Deni Afriadi, S.Pd., M.Sn.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Melayu
Penelitian
Pengabdian

Kamis, 23 Mei 2024, 21:19:01 WIB, 115 View , Kategori : Sastra Inggris

Ket Foto : Dr. Mohd. Fauzi, S.S., M.Hum dan mahasiswa Prodi Sastra Inggris berfofo di depan Istana Siak Sri Indrapura

Pekanbaru, 21 Mei 2024 - Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) mengadakan kunjungan edukatif ke Istana Siak Sri Indrapura. Kunjungan ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang sejarah dan kebudayaan Melayu, khususnya pada masa kepemimpinan Sultan Syarif Kasim II. Didampingi oleh dosen sastra Inggris yang juga Dekan FIB Dr. Mohd. Fauzi, S.S., M.Hum, para mahasiswa disuguhi pengalaman langsung yang penuh nilai sejarah.

Istana Siak Sri Indrapura, yang didirikan pada tahun 1723 M, menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Siak Sri Indrapura. Para mahasiswa memulai perjalanan mereka dengan menjelajahi jejak peninggalan sejarah di dalam istana. Mereka mengamati pajangan-pajangan yang menggambarkan kehidupan dan peran para petinggi kerajaan di masa lampau.

Selanjutnya, rombongan mahasiswa beralih ke kapal Kato, sebuah artefak penting yang mencerminkan teknologi maritim pada masa itu. Tidak hanya itu, mereka juga berkesempatan untuk memasuki rumah Sultan, yang penuh dengan benda-benda bersejarah dan cerita-cerita menarik dari masa kepemimpinan Sultan Syarif Kasim II.

Selain itu, kunjungan ini juga membawa mereka ke makam para sultan dan petinggi kerajaan, sebuah momen yang memberikan refleksi mendalam tentang perjuangan dan dedikasi para pemimpin terdahulu. Perjalanan kemudian berlanjut ke Tangsi Belanda, tempat di mana mereka menemukan sejarah tentang 12 sultan yang pernah memerintah Kerajaan Siak.

Tak ketinggalan, para mahasiswa juga mengunjungi tempat kerajinan tenun tradisional. Di sini, mereka menyaksikan langsung proses pembuatan kain tenun yang masih dilestarikan hingga saat ini. Hal ini menunjukkan betapa kaya dan beragamnya budaya Melayu yang perlu dijaga dan dihargai.

Kunjungan ini memberikan wawasan baru bagi para mahasiswa Prodi Sastra Inggris FIB Unilak, karena mereka tidak hanya di ajarkan satra dari luar tapi juga diajak mengenal budaya yang menjadi kearifan lokal yang bisa dikenalkan ke seluruh dunia dengan kebanggaan. Melalui kegiatan seperti ini, Unilak membuktikan komitmennya dalam memberikan pengalaman belajar yang mendalam dan menyeluruh kepada mahasiswanya. Diharapkan, dengan adanya kunjungan edukatif ini, semakin banyak generasi muda yang bergabung dan mengeksplorasi dunia Sastra Inggris di Unilak.

Bergabunglah dengan Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning, dan jadilah bagian dari perjalanan menakjubkan dalam mengeksplorasi sejarah, budaya, dan sastra yang memukau. Unilak, tempat di mana masa depan Anda dimulai!



Kolaborasi antara FIB Unilak dan BPK Wilayah IV: Berjabat Tangan dan Hati dalam Pelestarian Budaya
Selasa, 28 Mei 2024, 08:50:16 WIB, Dibaca : 132 Kali
Nonton Bareng Film Dokumenter Budaya Melayu di Unilak: Menghidupkan Kembali Warisan Budaya
Kamis, 23 Mei 2024, 21:58:47 WIB, Dibaca : 134 Kali
Mahasiswa FIB Unilak Semester 4 Menggali Muatan Lokal di Istana Siak: Perjalanan Mendalam Memahami Folklor Melayu
Kamis, 23 Mei 2024, 21:34:48 WIB, Dibaca : 149 Kali

Tuliskan Komentar
Galeri Dosen & Karyawan
Sekilas Info
Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lancang Kuning Fakultas Ilmu Budaya Tahun Akademik 2024/2025
Statistik Pengunjung
Pengguna Online 1
Pengunjung Hari ini 25
Hits hari ini 49
Total Hits 182417
Total pengunjung 79406