A g e n d a /FIB Unilak
  STATISTIK /FIB Unilak
  • Dikunjungi oleh : 354361 user
  • IP address : 34.228.185.211
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • FIB Unilak Rayakan Hatedu 2019
FIB Unilak Rayakan Hatedu 2019

Senin,01 April 2019

 

FIB-UNILAK. Mahasiswa FIB Unilak rayakan Hari Teater Dunia (Hatedu) yang jatuh pada Rabu (27/3). Berbagai pertunjukan pun akhirnya digelar oleh mahasiswa Fib Unilak di laman FIB Unilak. Mulai dari pertunjuakn teater, sampailah kepada pebacaan puisi.

Kegiatan berlangsung sejak pagi hingga sampai ke siang hari. Pekik dan lakon pun dilgelar dengan semangat yang membara. Bagi mereka, mengekspresikan lakon dan gagasan di dalam helat tersebut menjadi penting dalam rangka ikut merayakan hari teater dunia tersebut. Karena seluruh dunia merayakan secara serentak, dan menjadi kewajiban mahasiswa FIB untuk ikut berpartisipasi. “Kita satu-satunya Fakutas Ilmu Budaya di Riau ini, merasa memiliki tanggung jawab moral untuk merayakannya,” ungkap coordinator acara, Muhammad Aidil.

Sementara itu menurut penggagas, dosen FIB Unilak, Muhammad Kafrawi, menjulang perhelatan ini menjadi permesatu perbedaan di seluruh penjuru dunia. Ada rasa yang sama yaitu menjulang kemanusiaan. “kita adalah sama”, ungkap Kafrawi.

Lebih jauh dijelaskan Kafrawi, menyuarakan kesetaraan inilah para pekerja teater terus berkarya. Di mana pun berada, di kampung, kota, Timur, Barat, Utara atau pun Selatan bukanlah batas nilai kemanusiaan. Dari tanah empat penjuru angin memiliki kelebihan masing-masing dalam menata kehidupan. Keunikan inilah melahirkan keberagaman kebudayaan namun tetap satu menjulang kemuliaan manusia. “Dari keberagaman ini pula melahirkan gelombang pesan bahwa manusia memiliki hak yang sama. Di sinilah kreativitas diuji dan pekerja teater tanpa mengenal lelah menggali kekuatan dari gairah tanah di mana pekerja teater itu berdomisili.,” ungkapnya.