A g e n d a /FIB Unilak
  STATISTIK /FIB Unilak
  • Dikunjungi oleh : 283340 user
  • IP address : 54.80.123.20
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Gelegar Bulan Bahasa 2017 di FIB Unilak
Gelegar Bulan Bahasa 2017 di FIB Unilak

Selasa,31 Oktober 2017

Sempena merayakan Bulan Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning menggelar berbagai kegiatan seni dan sastra. Acara digelar mulai 26-28 Oktober lalu. Mulai dari lomba Baca Puisi tingkat SMA, Lomba Penulisan Esai Sastra, seminar bahasa dan sastra serta menggelar malam puncak Bulan Bahasa yang menghadirkan penyair dan pejabat untuk membacakan puisi.

Untuk pelaksana tahun ini, kepanitian acara ditengarai mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia, dengan mengangkat tema “Bahasa dan Sastra Sebagai Kekuatan Bangsa”.

Menurut Ketua Pelaksana, Rahmat Sidik, tema ini diusung merupakan upaya melihat kembali bahwa bahasa dan sastra adalah pondasi bangunan bangsa ini. “Bangsa ini dipersatukan oleh bahasa. Seandainya bangsa ini tidak memiliki bahasa persatuan, sangat sulit menyatukannya, sebab Indonesia adalah bangsa yang majemuk dengan beratus suku,” jelas Sidik.

Helat mulai digelar pada Kamis (26/10) di halaman kampus FIB, dengan lomba baca puisi tingkat SLTA Se-Riau. Jumat (27/10) digelar pula karnaval bahasa dengan rute Jembatan Siak 1 menuju kampus Unilak. Selanjutnya dilaksanakan seminar dengan mendatangkan narasumber diantaranya Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen. Untuk membincang kebangsaan, dihadirkan pula Komandan Korem (Danrem) 031 Wirabima, Brigjen TNI Edy Nasution.

Pada mulam puncak, digelar pula parade pembacaan puisi, tampak beberapa penyair Riau hadir turut memeriahkan acara yang dikemas di Panggung Teater FIB Unilak.