A g e n d a /FIB Unilak
  STATISTIK /FIB Unilak
  • Dikunjungi oleh : 283341 user
  • IP address : 54.80.123.20
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Kearifan Lokal adalah Nilai Kemuliaan
Kearifan Lokal adalah Nilai Kemuliaan

Kamis,19 Oktober 2017

FIB_UNILAK. Bersempena Yudisium Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning, dlaksanakan juga orasi ilmiah yang berjudul Konsep revitalisasi kearifan lokal dalam menghadapi globalisasi. Orasi tersebut disampaikan oleh Dr Rozzana Mulyani,M.A dari Universitas Sumatera Utara.

Disampaikan dalam orasinya, kearifan lokal adalah nilai budaya lokal untuk mengatur tatanan kehidupan masyarakat secara arif dan bijaksana, naynyian dan pepatah, petuah dan semboyan kuno yang melekat di keseharian masyarakat.

Kearifan lokal  juga berasal dari kebiasaan hidup ataupun nilai kaearifan lokal yang masih berlaku. Nilai itu kemudian dijadikan pegangan bahkan menjadi bahagian hidup yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hari ini dengan serbuan globalisasi yang tentu saja memiliki sisi baik dan buruknya, harus berusaha bersama-sama mengaktifkan kembali kearifan lokal. Sehingga kearifan lokal mampu menghadapi tantangan zaman,” ucapnya.

Dr Rozzana juga berharap jangan sampai khazanah kearifan lokal yang begitu kaya menjadi asesoris sejarah saja. Kearifan lokal merupakan kebijaksanaan asli bagi masyarakat untuk mengatur tatanan dalam kehidupan masyarakat. Harus ada upaya bersama untuk menghidupkannya kembali mulai dari pendidikan dari SD, sampai perguruan tinggi agar generasi penerus mengenal dan mencintai sekaligus menerapkan dalam kehidupan keseharian sehingga budaya apapun bentuknya dari luar yang menerpa, tidak akan goyah.