A g e n d a /FIB Unilak
  STATISTIK /FIB Unilak
  • Dikunjungi oleh : 209724 user
  • IP address : 54.196.108.20
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Mahasiswa FIB Ramaikan Malam Puisi Tahun Baru di Harau
Mahasiswa FIB Ramaikan Malam Puisi Tahun Baru di Harau

Selasa,03 Januari 2017

 

Mahaiswa FIB Unilak ikut meramaikan acara Malam Puisi Tahun Baru yang digelar di Harau-Sumbar. Acara yang digelar pada tanggal 31 Desember 2016 lalu digear  di Desa Jorong Harau, Kecamatan Sari Lamak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Perhelatan ini digagas oleh penyair Sumbar Iyut Fitria dan penyair Riau Kunni Masrohanti.

Perhelatan ini juga didukung sepenuhnya masyarakat Desa Jorong baru dan Komunitas Seni Harau. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Ketua Prodi Sastra Indonesia, Muhammad Kafrawi yang juga ikut hadir, katanya acara tersebut dihadiri oleh para penyair Sumbar dan Riau. Jelaslah kemudian, yang tercipta dari pertemuan akhir tahun itu adalah rasa kebersamaan yang ingin diwujudkan sehingga silaturahim terjalin di antara penyair dan pekerja seni Sumbar dan Riau.

Berbagai acara digelar mulai dari malam hingga sampailah pagi harinya. Dibuka dengan makan bersama yang disiapkan oleh masyarakat Harau dan para penyair sekaligus peserta yang terlibat. Lalu kemudian pertunjukan seni pun digelar, mulai dari tarian yang dibawakan oleh anak-anak dari Komunitas Seni Harau, pembacaan puisi dan juga ada penampilan musik dan nyanyian dari masyarakat Jorung Harau. Sementara itu mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning melakukan kolaborasi bersama kelompok Teater Matan, membawakan puisi bersama.

Hinggalah kemudian pukul 00:00, waktu pergantian tahun 2016 ke 2017 dan para penyair membacakan puisi harapan untuk masa di tahun 2017 sambil menari dan bernyanyi bersama dengan lagu Bento. Pada pagi harinya digelar pula diskusi sastra, membincangkan berbagai hal terkait dengan perkembangan sastra ke depan.