A g e n d a /FIB Unilak
  STATISTIK /FIB Unilak
  • Dikunjungi oleh : 348499 user
  • IP address : 34.207.82.217
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Fakultas Ilmu Budaya Tampil Sukses di Pasar Seni
Fakultas Ilmu Budaya Tampil Sukses di Pasar Seni

Rabu,02 Maret 2016

Mahasiswa FIB Unilak tampil sukses di Helat Pasar Seni yang ditaja UPT Taman Budaya Riau dan Museum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau, pada Ahad malam (28/2).

Pada malam tersebut, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Unilak, membentangkan karya seni sastra, teater, musik dan juga seni tari. Arriziq, salah seorang mahasiswa FIB Unilak yang juga sekaligus koordinator pementasan, merasa bersyukur dengan perhelatan Pasar Seni Taman Budaya ini. Katanya, mereka menemukan laman untuk menuangkan gagasan dan ide dalam bentuk karya seni. 

"Kegiatan ini sangat membantu kami dalam berkreasi. Pasar Seni Taman Budaya Riau ini sangat positif untuk merangsang kreativitas generasi muda yang memilih kesenian sebagai jalan hidup," ucap mahasiswa Program Studi Sastra Melayu ini. 

Sementara itu, perhelatan perdana Pasar Seni Taman Budaya tahun ini dibuka secera resmi oleh Kepala UPT Museum dan Taman Budaya, Sri Mekka. Dalam sambutannya, Sri Mekka mengatakan, bahwa TBR akan terus melaksanakan perhelatan menggali nilai-nilai tradisi Melayu dalam upaya menyonsong Visi Riau 2020. Pasar Seni Taman Budaya ini, kata Mekka, salah satu upaya memperkuat keinginan tersebut. 

"Kita berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk kebudayaan Melayu Riau ini. Dengan kegiatan di Taman Budaya, kita berharap akan lahir pemikiran-pemikiran dan sekaligus kekuatan dalam menyonsong Visi Riau 2020, terutama pada generasi mudanya. Untuk itulah, perhelatan Pasar Seni perdana ini, kami mengundang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Unilak menggelar pementasan karya seni mereka," ujar Sri Mekka.

Sri Mekka juga mengatakan bahwa Taman Budaya Riau senantiasa membuka diri bagi kelompok seni di Riau untuk menggelarkan pementasan. Selain itu, Mekka juga menyampaikan bahwa banyak sanggar yang berlatih di Taman Budaya untuk mementaskan karya-karya mereka. 

"Karena banyaknya sanggar yang berlatih di sini, beberapa pekan lalu, kami mengumpulkan ketua-ketua sanggar untuk menentukan jadwal latihan. Hal ini dilakukan agar tidak bentrok waktu latihannya. Dan kami berharap, sanggar-sanggar ini dapat mementaskan karya mereka di Taman Budaya," ucap Sri Mekka.    

Sebelumnya, Kasi Taman Budaya Riau, Efie Andriana, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa Taman Budaya Riau akan selalu merangkul seniman Riau. Ide dan juga gagasan para seniman, kata Efie, merupakan kekuatan TBR dalam melaksanakan berbagai perhelatan kesenian.   

"Kegiatan Pasar Seni Taman Budaya merupakan salah satu perhelatan menjaga dan melestarikan seni tradisi Melayu Riau. Dengan kegiatan ini, kami berharap akan muncul para seniman muda Riau yang mampu menjaga dan sekaligus melestarikan budaya Melayu ini," ujar Efie.