A g e n d a /FIB Unilak
  STATISTIK /FIB Unilak
  • Dikunjungi oleh : 359381 user
  • IP address : 54.92.148.165
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Semangat Rayakan Hari Musik
Semangat Rayakan Hari Musik

Selasa,18 Agustus 2015

Walau pun sebenarnya terbilang terlambat merayakan Hari Musik Nasional yang sejatinya jatuh pada 9 Maret lalu, tetapi semangat untuk tetap merayakan Hari Musik Nasional di Riau tetap tampak semaraknya.

Helat yang ditaja oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau UPT Musem dan Taman Budaya itu disandingkan dengan perayaan Ulang Tahun Riau yang ke-58 dan ulang tahun Indonesia yang ke-70.

Sebanyak empat belas grup dan komunitas musik di Riau, berhimpun pepat di Gedung Olah Seni Taman Budaya, Ahad (9/8) lalu. Berkumpul dengan semangat yang sama untuk mengekspresikan kemampuan bermusik dalam rangka merayakan Hari Musik Nasional.

Adapun tema yang diusung dalam merayakan Hari Musik tahun ini adalah “Riau Music for The World”. Musik untuk dunia, yang sekaligus menunjukkan semangat untuk tetap berkarya dengan identitas yang dimiliki guna menyumbangkan kreatiftias tersebut untuk perkembangan musik dunia.

Sementara itu, menurut salah seorang komposer Riau Rino Dezapati mengatakan perayaan Hari Musik Naisonal hendaknya harus lebih disosialisasi ke tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, kata pimpinan Riau Rythym Chamber Indonesia itu, keberadaan dan dasar dari perayaan tersebut lebih jelas dan tercapai maksudnya.

Di Riau sendiri, katanya, juga perlu dicetuskan Hari Musik Riau. dapat diambil dari tanggal lahir para seniman musik terdaulu. “Ini penting karena hari ini negeri bernama Riau, di Indonesia sudah menjadi tujua destinasi pariwisata seni pertunjukan. Itulah menurut saya, di samping perayaan seperti ini, juga perlu dilakukan pengembangan kantong-kantong seni yang ada di daerah kita ini,” ujarnya.

Hampir ke semua tampilan yang dapat diapresiasi oleh para pengunjung yang memenuhi gedung pertunjukan, adalah merupakan karya anak negeri yang memang patut diapresiasi. Karena masing-masing tampilan tersebut menujukkan upaya para seniman musik dalam mengeksplorasi kekuatan tradisi yang kemudian dibancuh dengan alat-alat musik moderen.

Hal itu ditegaskan oleh salah seroang komposer muda Riau, Zalfandry Zaenal alias Mat Rock. Katanya tradisi tetap menjadi akar yang kuat untuk tetap tegak. “Kita bisa menyaksikan tampilan dari para seniman musik Riau dalam helat ini. Beragam bentuk dan konsep musik yang ditawarkan tidak lepas dari ruh tradisi sebagai tonggak. Dan merayakan hari musik ini tentu saja sangat positif karena setidaknya helat serupa ini menjadi dorongan atau motifasi kepada musisi untuk terus berproses dan berkreatifitas,” ucap pimpinan Blacan Art Community tersebut.