A g e n d a /FIB Unilak
  STATISTIK /FIB Unilak
  • Dikunjungi oleh : 359362 user
  • IP address : 54.92.148.165
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Menjengah Kekayaan Khazanah Budaya di Kampar.
Menjengah Kekayaan Khazanah Budaya di Kampar.

Sabtu,14 Februari 2015

 

Situs Candi Muara Takus adalah sebuah situs candi Budha  yang terletak di di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau Indoensia.  Situs ini berjarak kurang lebih 135 kilometer dari Kota PEkanbaru.

Sampai saat ini, para pakar purbakala belum dapat menentukan secara pasti kapan situs candi ini didirikan. Ada yang mengatakan abad keempat, ada pula yang menyebut pada abad ketujuh, abad kesembilan bahkan pada abad kesebelas. Namun candi ini dipercaya telah ada pada zaman keemasan Sriwijaya. Sehingga beberapa sejarahwan menganggap kawasan ini merupakan salah satu pusat pemerintahan dari kerajaan Sriwijaya.

Selain itu, bukti dari kejayaan peradaban Candi Muara Takus dapat ditemui dari apa-apa saja yang ditemui masyarakat tempatan seperti beberapa artefak dan benda-benda bersejarah lainnya. Hal inilah yang telah dilakukan salah seorang tokoh masyarakat di Bangkinang, Drs. A Latif. MM sejak puluhan tahun yang lalu.

Beberapa waktu lalu, Dekan FIB Unilak berkesempatan mengunjungi lelaki yang berkeinginan mendirikan museum pribadi itu. Dalam kesempatan itulah, Dr. Junaidi, S.S., M.Hum dan rekannya banyak bercerita tentang kekayaan budaya di Kabupaten Kampar tersebut.

Hanya sayangnya, banyak hal yang berkaitan dengan potensi budaya yang dimiliki belum dapat terangkat ke permukaan disebabkan kurangnya perhatian dan kepedulian dari pemerintah dan masyarakat setempat. Oleh karenanya, menurut Junaidi, menjadi tugas bersama baik pemerintah, FIB unilak dan juga masyarakat untuk sama-sama mengangkat batang terendam itu.