A g e n d a /FIB Unilak
  STATISTIK /FIB Unilak
  • Dikunjungi oleh : 348521 user
  • IP address : 34.207.82.217
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Meneroka Kegiatan Penyelamatan Arsip dan Naskah Kerajaan Siak
Meneroka Kegiatan Penyelamatan Arsip dan Naskah Kerajaan Siak

Kamis,22 Januari 2015

Siak - Arsip merupakan bagian penting dalam setiap tatanan pemerintahan. Namun, tidak semua pemangku kepentingan menyadari akan pentingnya sebuah arsip. Hal inilah yang mendorong para civitas akademik yang berasal dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning (FIB Unilak) untuk segera melakukan penyelamatan arsip-arsip penting yang berkaitan tentang Riau. Sebagai langkah awal, pada Senin, 19 Januari 2015, Dekan didampingi 3 dosen FIB Unilak melakukan lawatan ke Istana Siak. Lawatan tersebut dilakukan dalam rangka menjajaki peluang kerjasama dalam rangka penyelamatan arsip dan naskah yang ada di Istana Siak.

Sebagaimana diketahui bahwa FIB Unilak merupakan satu-satunya institusi pendidikan di Riau yang memiliki jurusan Sastra Daerah/Melayu dan Ilmu Perpustakaan. Kolaborasi dari dua jurusan tersebut telah mendorong pihak FIB Unilak untuk ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan khasanah Riau, salah satunya berbentuk arsip dan naskah. Melalui lawatan ini, tim FIB Unilak mencoba untuk menjajaki kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dalam bentuk kerjasama penyelamatan khasanah budaya Riau di Siak. Beberapa kegiatan seperti pendataan, pembuatan katalog naskah, memberikan sentuhan teknologi pada koleksi Istana Siak, dan beberapa kegiatan lain terkait penyelamatan khasanah tersebut merupakan peluang yang masih terbuka lebar.

Selain melakukan lawatan ke Istana Siak, tim FIB Unilak juga melakukan lawatan ke Rumah Baca Hafrita, sebagai salah satu lembaga milik Pemda Siak yang memiliki hubungan erat dengan masalah khasanah Riau. Melalui lawatan ini, diharapkan dapat terjalin kerjasama yang erat antara FIB Unilak dengan Pemda Siak dalam rangka menjaga khasanah Riau. (FM)