A g e n d a /FIB Unilak
  STATISTIK /FIB Unilak
  • Dikunjungi oleh : 348539 user
  • IP address : 34.207.82.217
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Portal Arjuna: dari tercetak menuju elektronik
Portal Arjuna: dari tercetak menuju elektronik

Selasa,02 Desember 2014

Pekanbaru - Jurnal ilmiah merupakan salah satu indikator kemajuan sebuah perguruan tinggi. Sebagai salah satu institusi perguruan tinggi, Universitas Lancang Kuning (Unilak) memiliki lebih dari 10 jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh fakultas dan lembaga yang ada di dalamnya. Oleh karena itu perlu adanya manajemen penerbitan jurnal yang baik agar keberadaan jurnal tersebut mampu mendukung keinginan menuju Unilak unggul 2030.

Saat ini, Dikti telah menerbitkan portal akreditasi jurnal. Portal yang diberi nama Arjuna (Akreditasi Jurnal Nasional) tersebut diharapkan dapat mempermudah proses akreditasi jurnal yang ada di Indonesia.

Keberadaan Arjuna telah disosialisasikan oleh pihak Dikti di beberapa wilayah. Pada 29 November 2014 lalu, telah diadakan sosialisasi mengenai keberadaan dan proses akreditasi melalui portal Arjuna. Dalam sosialisasi tersebut, pihak Dikti mengemukakan bahwa seluruh perguruan tinggi didorong untuk menerbitkan ejurnal. Hal ini dikarenakan dengan adanya ejurnal, artikel yang diterbitkan tidak terbatas pada oplah terbitan yang dihasilkan. Lebih dari itu, artikel yang diterbitkan melalui ejurnal dapat dibaca oleh masyarakat seluruh dunia.

Melihat kondisi tersebut, para pengelola jurnal di lingkungan Unilak harus segera beradaptasi dengan pola penerbitan ejurnal. Lukman, ST., M. Hum., salah satu pemateri dalam sosialisasi tersebut menyebutkan bahwa pola penerbitan ejurnal tidak semata-mata membuat artikel jurnal dapat diakses secara online. Tetapi juga menyangkut proses bisnis jurnal yang juga dilakukan secara online. Melalui ejurnal, proses pengiriman naskah, review, sampai dengan penerbitan artikel dilakukan secara online.

Adaptasi terhadap pola penerbitan ejurnal tentu saja tidak mudah. Namun, para pengelola jurnal di lingkungan Unilak secara bertahap harus memulai kegiatan tersebut. Harapannya, dengan adanya pola penerbitan ejurnal di Unilak, penyebaran ilmu pengetahuan yang dihasilkan oleh para civitas akademik Unilak dapat lebih luas. Dengan demikian, keinginan Unilak unggul 2030 akan semakin mudah. (FM)