STATISTIK /FIB Unilak
  • Dikunjungi oleh : 326996 user
  • IP address : 18.212.93.234
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Selamat datang di Website Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning
KETENTUAN PENULISAN
BERANDA TANGGAL PENTING KETENTUAN PENULISAN REGISTRASI PEMAKALAH TERPILIH CONTACT PERSON

 

Ketentuan Pengiriman Tulisan

Jenis Tulisan

Jenis tulisan yang dapat dikirimkan ke Simposium Internasional Manassa XVII ialah:

  1. Artikel hasil penelitian mengenai pernaskahan Nusantara
  2. Artikel merupakan karya asli, tidak terdapat penjiplakan (plagiarism), serta belum pernah ditebitkan atau tidak sedang dalam proses penerbitan

 

Bentuk Naskah

  1. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.
  2. Naskah tulisan dikirimkan dalam format Microsoft Word dengan panjang tulisan 5000-7000 kata.
  3. Menuliskan abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sebanyak 150 kata.
  4. Menyertakan kata kunci (keywords) dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sebanyak 5-7 kata.

 

Tata Cara Pengutipan

  1. Sistem pengutipan menggunakan gaya American Political Sciences Association (APSA).
  2. Penulis dianjurkan menggunakan aplikasi pengutipan standar seperti Zotero, Mendeley, atau Endnote.
  3. Sistem pengutipan menggunakan body note sedangkan catatan akhir digunakan untuk menuliskan keterangan-keterangan terkait artikel.

 

Sistem Transliterasi

Sistem alih aksara (transliterasi) yang digunakan merujuk pada pedoman Library of Congress (LOC).

 

Identitas Penulis

Penulis agar menyertakan nama lengkap penulis tanpa gelar akademik, afiliasi lembaga, serta alamat surat elektronik (email) aktif. Apabila penulis terdapat lebih dari satu orang, maka penyertaan identitas tersebut berlaku untuk penulis berikutnya.

 

Pengiriman Naskah

  1. Abstrak dikirimkan melalui email: simposium.manassariau@gmail.com
  2. Bagi pemakalah terpilih, naskah tulisan (fullpaper) dikirimkan melalui email: simposium.manassariau@gmail.com.

 

Penerbitan Naskah

Tulisan terpilih akan diterbitkan pada jurnal Manuskripta. Manuskripta merupakan jurnal ilmiah yang terbit secara elektronik dan daring (online). Penulis akan mendapatkan kiriman jurnal dalam format PDF apabila tulisannya diterbitkan. Penulis diperkenankan untuk mendapatkan jurnal dalam edisi cetak dengan menghubungi email: jmanuskripta@gmail.com.

Adapun tema simposium yang akan diselenggarakan adalah “Manuskrip dan Keragaman Budaya Nusantara”.

Tema tersebut dibagi menjadi beberapa subtema, diantaranya:

  1. Manuskrip dan Budaya Literasi Masyarakat Sub-tema ini bertujuan untuk menegaskan bahwa keragaman bahasa dan aksara dalam manuskrip nusantara adalah bukti bahwa tingkat literasi masyarakat Nusantara sesungguhnya sudah sangat tinggi sejak berabad-abad lamanya; penegasan ini penting untuk mengubah persepsi umum bahwa masyarakat Nusantara baru ‘literate’ setelah kedatangan Kolonial.
  2. Manuskrip dan Tradisi-tradisi Lokal Sub-tema ini bertujuan untuk mendiskusikan manuskrip-manuskrip yang bersinggungan dengan berbagai tradisi lokal yang masih hidup di kalangan masyarakat Nusantara, termasuk manuskrip yang selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah ritual keagamaan yang hadir di Nusantara.
  3. Manuskrip dan Transmisi Ilmu Pengetahuan Sub-tema ini bertujuan untu mendiskusikan manuskrip sebagai wahana terpenting terjadinya transmisi ilmu pengetahuan secara tertulis dari generasi masa lalu ke generasi berikutnya hingga generasi masyarakat Nusantara hari ini; karenanya manuskrip penjadi semacam punggawa dalam merawat dan menjamin lestarinya pengetahuan yang dihasilkan oleh sebuah generasi tertentu di Nusantara.
  4. Manuskrip dan Keragaman Beragama Sub-tema ini bertujuan untuk mendiskusikan manuskrip-manuskrip yang menjadi bukti telah terjadinya persentuhan dan dialog antara tradisi-tradisi agama yang berbeda-beda di Nusantara, termasuk manuskrip yang menunjukkan adanya akulturasi antara satu tradisi agama dengan tradisi agama lainnya.
  5. Konservasi dan Digitalisasi Manuskrip Sub-tema ini bertujuan untuk mendiskusikan berbagai bentuk upaya penyelamatan manuskrip dari kepunahan, baik kepunahan yang disebabkan oleh peristiwa alam (seperti bencana, kebakaran, dan lain-lain), akibat ketidakpedulian manusia, maupun akibat ancaman dan dinamika sosial politik yang terjadi di masyarakat; subtema ini mencakup upaya penyelamatan yang dilakukan oleh para pemilik manuskrip sendiri.
  6. Manuskrip dan Media Sosial Sub-tema ini bertujuan untuk mendiskusikan fenomena hadirnya beragam manuskrip kuno di ruang-ruang publik dunia maya, serta bagaimana keragaman dan kekunoan manuskrip itu didiskusikan oleh pembaca, baik dari kalangan pengkaji manuskrip maupun kalangan awam, termasuk oleh generasi milenial.
  7. Manuskrip dan Konseptualisasi Filologi Nusantara Sub-tema ini bertujuan untuk memberi ruang perumusan konsep-konsep dan teoritisasi filologi yang khas Nusantara, termasuk mengidentifikasi nomenklatur dan istilah-istilah teknis filologi yang didasarkan pada Bahasa dan Budaya lokal Nusantara sendiri.
  8. Masyarakat Sadar manuskrip Sub-tema ini bertujuan untuk mendiskusikan peran perorangan, komunitas, dan masyarakat dalam penyelamatan naskah.
  9. Kajian manuskrip dari berbagai perspektif keilmuan Sub-tema ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi berbagai bidang ilmu dalam mengkaji naskah.
  10. Nilai-nilai luhur dalam manuskrip Melayu Sub-tema ini disediakan secara khusus bagi peneliti yang ingin mengangkat nilai-nilai luhur dan pendidikan karakter dalam naskah Melayu. Nilai-nilai luhur tersebut dapat dikembangkan sebagai bagian dari kepribadian bangsa Indonesia.