STATISTIK /FIB Unilak
  • Dikunjungi oleh : 251290 user
  • IP address : 107.22.126.144
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Selamat datang di Website Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning
ILMU PERPUSTAKAAN
Jurusan ilmu perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Unilak merupakan satu-satunya lembaga pendidikan perguruan tinggi yang menyelenggarakan program sarjana di bidang Ilmu Perpustakaan untuk wilayah Riau.
 
Program studi Ilmu Perpustakaan merupakan salah satu Program Studi di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning didirikan pada tahun 2007 dengan nomor 14/ YASRAH.B/IV/2007, dengan status izin operasional tertanggal 24 Maret 2008 dan nomor SK 902/D/T/2008 oleh Dirjen Dikti Fasli Jalal.
 
Hakekat didirikannya Program Studi Ilmu Perpustakaan ialah mengemban dan merealisasikan visi dan misi Universitas Lancang Kuning. Gedung Fakultas Ilmu Budaya berada di gedung rektorat Universitas Lancang Kuning yang terletak di jalan Yos Sudarso Km 8. Rumbai-Pekanbaru.
 
Visi:
 

Terdepan dalam pengembangan studi kepustakawanan dan teknologi informasi di tingkat Nasional berlandaskan kebudayaan Melayu.

Visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Terdepan dimaknai sebagai program studi yang terkemuka di tingkat nasional dan dikenal baik secara internasional dengan menghasilkan lulusan yang berkualitas.
  2. Pengembangan studi kepustakawanan dan teknologi memiliki makna sebagai pusat kajian yang berfokus pada bidang-bidang tersebut dengan memberikan pembekalan mengenai ilmu kepustakawanan berbasis teknologi informasi kepada mahasiswa.
  3. Berlandaskan budaya Melayu dimaknai bahwa nilai-nilai budaya Melayu dijadikan sebagai landasan dalam pengembangan kajian akademik.
 
Misi:
 
  • Menerapkan tata pamong secara profesional untuk memajukan program studi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Indonesia.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan dalam bidang kepustakawanan dan teknologi informasi
  • Melakukan penelitian dalam bidang kepustakawanan dan teknologi informasi.
  • Membangun kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian dengan berbagai instansi/lembaga dalam bidang kepustakawanan dan teknologi informasi.
  • Membangun kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian dengan berbagai instansi / lembaga dalam kepustakawanan dan teknologi informasi.
Tujuan:
 
  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berbudaya Melayu
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan ilmu perpustakaan dan teknologi informasi
  3. Mengembangkan ilmu perpustakaan dalam rangka memperkaya khasanah ilmu pengetahuan
  4. Menghasilkan penelitian dalam bidang ilmu perpustakaan dan teknologi informasi sebagai rujukan dalam pengembangan ilmu pengetahuan.
  5. Meningktakan pengetahuan masyarakat dalam bidang ilmu perpustakaan dan teknologi informasi melalui program pengabdian masyarakat.
  6. Mewujudkan ketersedian sarana dan prasaranan untuk menunjang proses pembelajaran yang berkualitas.
 
Sasaran:
 
  • Terwujudnya dan dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan keterampilan di bidang kepustakawanan, baik aspek teoritik maupun praktik kepustakawanan.
  • Terwujudnya masyarakat akademik kreatif, kompeten, dan berdaya saing tinggi, dalam mengembangkan ilmu kepustakawanan dan teknologi informasi, sebagai upaya mengantisipasi perkembangan global.
  • Memiliki kompetensi pendukung untuk memasuki dunia kerja dengan cara menyajikan mata kuliah Jurnalistik, Pemasaran Perpustakaan dan Informasi, Kewirausahaan, Penulisan Artikel dan Resensi Buku, Digitalisasi Arsip dan Dokumentasi, Aplikasi Opensource.
  • Rata-rata nilai lulusan mencapai nilai IPK 3.01
  • Masa studi mahasiswa 4 tahun  dan masa tunggu lulusan mencari kerja 6 bulan.
  • Menempati posisi pekerjaan dalam bidang perpustakaan, arsip, dokumentasi, dan unit informasi.

Strategi Pencapaian:

 

  1. Meningkatkan pendidikan Dosen Minimal berpredikat Magister (S.2), pada tahun 2014 dan berpredikat Doktor (S.3) minimal 3 orang pada tahun 2018
  2. Mendorong seluruh dosen sudah menerapkan strategi pembelajaran SCL pada tahun 2014.
  3. Menyediakan sistem dan prasarana dalam pembelajaran modern pada tahun 2015.
  4. Menyediakan dana insentif bagi seluruh dosen prodi untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi pada tahun 2014.
  5. Menigkatkan evaluasi kurikulum dan kualitas pembelajaran secara berkesinambaungan pada tahun 2014
  6. Memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui kegiatan-kegiatan yang inovatif di tingkat lokal dan nasional pada tahun 2014.
  7. Mengoptimalkan durasi penulisan skripsi mahasiswa dari rata-rata 6 bulan menjadi 4 bulan dengan kualitas yang baik melalui proses pembimbingan yang lebih intensif pada tahun 2014
  8. Meningkatkan jumlah buku referensi dan jurnal elektronik untuk menunjang pembelajaran pada tahun 2014
  9. Merancang pembuatan jurnal pada program studi Ilmu Perpustakaan tahun 2014/2015 untuk menampung karya ilmiah dosen
  10. Mencari peluang kerjasama dalam negeri sebanyak 4 institusi pada tahun 2014 dan luar negeri sebanyak 2 institusi pada tahun 2015