Muhammad Kafrawi, S.S., M.Sn.
Galeri Pimpinan
Muhammad Kafrawi, S.S., M.Sn

Dekan
Dr. Hj. Evizariza, M.Hum

Wakil Dekan 1
Rismayeti, S.Sos., M.IP

Wakil Dekan 2
Jefrizal, S.Hum., M,Sn

Wakil Dekan 3
Qori Islami, S.S.,M.Hum

Kaprodi Sastra Inggris
Drs. Rosman H., M. Hum

Kaprodi Sastra Indonesia
Nining Sudiar, S.Sos. M.IP

Kaprodi Ilmu Perpustakaan
Iik Idayanti., M.Hum

Kaprodi Sastra Melayu
Penelitian
Pengabdian
Agenda

Jumat, 20 Nov 2020, 22:17:12 WIB, 1150 View Widi, Kategori : Unilak

Ket Foto : Unilak menggelar pelatihan Korespondensi bagi pegawai dengan menghadirkan narsumber dari Balai Bahasa Provinsi Riau

Unilak - Universitas Lancang Kuning terus melakukan upaya peningkatan sumber daya manusia bagi pegawai dalam berbagai bidang. Setelah di tahun 2020 mengadakan pelatihan pelayanan prima dan Uji Kompetensi Profesi tenaga kepegawaian, dihari Rabu - kamis (18/11) Unilak mengadakan pelatihan korespondesi.  Dikutip dari Wikipedia Korespondesi memiliki arti umum yang merujuk kepada aktivitas penyampaian maksud melalui surat dari satu pihak kepada pihak lain.

Pelatihan ini mengundang narasumber Zainal Abidin. MPd dari Balai Bahasa provinsi Riau. Pelatihan di gelar selama dua hari diikuti 23 peserta yang berasal dari 9 fakultas, pascasarjana, dan tenaga perpustakaan di Unilak. Dibuka oleh wakil rektor II bidang Keuangan dan Administrasi Umum Hardi. SE.MM, turut hadir kepala Biro Administrasi Umum Jufrinata. SH, dan sejumlah kepala bagian di lingkungan Unilak.

Menurut Hardi SE. MM yang ditemui di ruang kerjanya, pelatihan ini meningkatkan keterampilan pegawai, ini (pelatihan) berkaitan dengan tata tulis atau korespondensi yang saat ini tidak bisa dianggap remeh. Saat ini pengumuman dalam bentuk surat sangat mudah tersebar dengan cepat, dan kata kata yang dibuat tentunya harus sesuai dengan kaedah dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

" Diharapkan dari pelatihan ini, mudah - mudahan tenaga pendidik Unilak dapat semakin meningkatkan pengetahuan korespondensi, " ujar Hardi.

Di sebutkan lebih lanjut, sebagai insitusi perguruan tinggi, Unilak sering melakukan Korespondensi ke LLDIKTI, pemerintah provinsi, pemda/lota, kementrian pendidikan dan lain lain yang dilakukan secara elektronik. Meski dalam, bentuk elektronik, yang penting hal mendasar adalah bagaimana penggunaan kata - kata yang tepat terlebih di lingkungan perguruan tinggi, dan ini harus ditekankan. Pelatihan ini sesuai  dengan visi misi rektor dalam upaya percepatan Unilak unggul tahun 2030.

" Pelatihan ini akan dilakukan evaluasi, bagaimana penggunan kata kata, bagaimana kesalahan - kesalahan yang terjadi tidak terjadi. Kedepan unsur dosen, pimpinan juga akan dilakukan pelatihan, " ujar Hardi. 

Sementara itu Zainal Abidin MPd dalam banyak memberikan contoh contoh Korespondensi, di salah satu materinya, berkaitan tentang bahasa dalam surat dinas, dalam surat dinas pentingnya tata bunyi, tata bentuk kata/istilah, tata kalimat dan ejaan.

" Bahasa sebagai alat untuk menyampaikan pesan, bisa secara lisan maupun tertulis. Dalam surat menyurat baiknya menggunakan bentuk yang menarik, tidak terlalu panjang, dan memakai bahasa yang jelas, padat, dan santun ( adab dan takzim), " ujar Zainal.

Sementara itu, Muhammad Akmal salah satu peserta yang mengikuti pelatihan  menyebutkan, materi yang disajikan pemateri sangat bagus dan bermanfaat. Dikarenakan mudah dipahami, walaupun tata bahasa itu tidak mudah, tapi pemateri mampu memberikan kiat atau cara mudah dalam menuliskan surat yang baik dan benar. Serta mengelola tata bahasa yang baik dalam penulisan surat, secara materi yang dibawakan oleh pemateri itu sangatlah menarik, yang membuat peserta bisa merasakan begitu banyak bahasa yang tidak seharusnya ada di dalam surat, tetapi masih di gunakan, di pelatihan inilah semua di perbaiki. sehingga dihasilkan tata naskah yang sesuai dengan kaidahnya



Wakil Rektor III Unilak Berharap Unilak Archery Club Lahirkan Atlet Panahan Nasional
Sabtu, 23 Mar 2024, 11:13:47 WIB, Dibaca : 329 Kali
Taman Kehati Unilak-PHR Raih Rekor Muri
Selasa, 19 Mar 2024, 16:25:31 WIB, Dibaca : 331 Kali
Magister Akuntansi Resmi Berdiri di Unilak, Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah dibuka
Sabtu, 16 Mar 2024, 09:07:52 WIB, Dibaca : 450 Kali

Tuliskan Komentar
Galeri Dosen & Karyawan
Sekilas Info
Statistik Pengunjung
Pengguna Online 0
Pengunjung Hari ini 63
Hits hari ini 143
Total Hits 163218
Total pengunjung 71672