Muhammad Kafrawi, S.S., M.Sn.
Galeri Pimpinan
Dr. MOHD. FAUZI, S.S., M.Hum.

Dekan
IIK IDAYANTI, M.Hum.

Wakil Dekan 1
JEFRIZAL, S.Hum., M.Sn.

Wakil Dekan 2
MUHAMMAD KAFRAWI, S.S., M.Sn.

Wakil Dekan 3
Dra. SORTA HUTAHEAN, M.Pd.

Kaprodi Sastra Inggris
PINTO ANUGRAH, S.S., M.A.

Kaprodi Sastra Indonesia
EKO NOPRIANTO, S.IP., M.A.

Kaprodi Ilmu Perpustakaan
RIDWAN, S.Ag., M.Sy.

Kaprodi Sastra Melayu
DENI AFRIADI, M.Sn.

Kaprodi Pendidikan Bahasa Melayu
Penelitian
Pengabdian
Agenda

Rabu, 15 Mar 2023, 14:39:14 WIB, 731 View Widi, Kategori : Unilak

Ket Foto :

Unilak Riau - Pusdiklat Unilak Riau bersama dengan anggota MPR RI Ir Effendi Sianipar. M.Si, MM melakukan sosialisasi berbangsa dan bernegara 4 pilar kepada generasi muda Riau, Rabu, di hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Kegiatan sosialisasi Berbangsa dan Bernegara 4 Pilar yang dilakukan oleh Ir Effendi Sianipar M.Si,MM telah dimulai sejak tanggal 11 Maret 2023 sampai 13 Maret 2023.  

Empar pilar Berbangsa dan Bernegera yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Narasumber sosiliasasi 4 pilar yaitu Rektor Unilak yang juga Dewan Pendidikan Riau Prof Dr Junaidi SS MHum, dengan 200 peserta berasal dari Siak, Rohul,Rohil, Bengkalis, Kab Kepulauan Meranti, Dumai, Pekanbaru, SMK Kesehatan Pro Skill Pekanbaru, Ponpes Aulia Cendekia Pekanbaru, dan elemen masyarakat, hadir langsung Ir Effendi Sianipar.M.Si.MM.

Ketua Pusdiklat Unilak Deni Afriadi, S.Pd., M.Sn, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada anggota MPR RI Ir Effendi Sianipar yang telah mempercayakan pelaksanaan sosialisasi kepada kami.

" Pak Effendi merupakan alumni Pascasarjana Unilak, selama ini banyak berkontribusi kepada Unilak secara mental, maupun material atas beberapa pembangunan. Semoga ini memberikan sumbangsih yang kuat kepada Unilak dan generasi mahasiswa." ucap Deni.

Dijelaskan Deni, Kegiatan sosialisasi ini merupakan kewajiban yang dijalani oleh MPR RI yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 27 tahun 2009 pasal 15 ayat 1. Salah satu tugas dari MPR RI adalah mensosialisasikan empat pilar agar terbangun atas dasar kecintaan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia.

" Untuk Provinsi Riau, sejak dulu kala, zaman kerajaan, tidak perlu kita takuti untuk terjadinya aliran aliran yang keras dan sebagainya, sebab dari dahulu dari zaman kerajaan nenek moyang kita Riau ini adalah salah satu tempat yang patuh terhadap pemimpin, salah satu bukti adalah penyerahan Sultan Siak atas kekayaannya dan kedaerahannya untuk menggabungkan wilayah Riau ini menjadi wilayah Indonesia. Keberagaman itu memang sudah terjalin sejak dulu kala.'' Ucap Deni.

Sementara itu anggota MPR RI Ir Effendi Sianipar mengatakan anggota MPR yang salah satu tugas yang diamanatkan undang-undang adalah melaksanakan pembumian Pancasila, Undang-Undang Dasar 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, jadi intisari dari pada empat pilar ini adalah bagaimana kita saling menghargai, memegang persatuan, satu bangsa, satu tanah air, satu bahasa.

Dikatakan Effendi, kita harus terus membumikan Pancasila keseluruh lapisan masyarakat. Secara filosofis tujuan dari acara ini adalah merekatkan kehidupan berbangsa, menghindarkan terjadinya disintegrasi bangsa. 

"Secara khusus kepada Rektor saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya mudah-mudahan acara mempunyai barokah, " ucap Effendi.

Sementara itu Rektor Unilak Prof Dr Junaidi dalam materinya menyampaikan Pancasila harus dijadikan landasan berpikir dan berkehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. saat ini zaman teknologi maju pesat, ketika bermedia sosial maka hati hati berkomentar tentang suku ras. Jangan menghujat, jangan mengejak, jangan membully (perundungan).

" Menghormati adat-istiadat, membangun sikap toleransi, sikap menghargai,mempkuat persatuan dan kesatuan, perlu diterapkan dalam kehidupan. Tumbuhkan sikap tolong menolong orang tanpa melihat suku adat budaya orang lain." ucap Dr Junaidi.



Wakil Rektor III Unilak Berharap Unilak Archery Club Lahirkan Atlet Panahan Nasional
Sabtu, 23 Mar 2024, 11:13:47 WIB, Dibaca : 337 Kali
Taman Kehati Unilak-PHR Raih Rekor Muri
Selasa, 19 Mar 2024, 16:25:31 WIB, Dibaca : 342 Kali
Magister Akuntansi Resmi Berdiri di Unilak, Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah dibuka
Sabtu, 16 Mar 2024, 09:07:52 WIB, Dibaca : 455 Kali

Tuliskan Komentar
Galeri Dosen & Karyawan
Sekilas Info
Statistik Pengunjung
Pengguna Online 0
Pengunjung Hari ini 46
Hits hari ini 71
Total Hits 163510
Total pengunjung 71798