Muhammad Kafrawi, S.S., M.Sn.
Galeri Pimpinan
Dr. Mohd. Fauzi, S.S., M.Hum.

Dekan
Iik Idayanti, M.Hum.

Wakil Dekan I
Jefrizal, S.Hum., M.Sn.

Wakil Dekan II
Muhammad Kafrawi, S.S., M.Sn.

Wakil Dekan III
Dra. Sorta Hutahaean, M.Pd.

Ketua Program Studi Sastra Inggris
Pinto Anugrah, S.S., M.A.

Ketua Program Studi Sastra Indonesia
Eko Noprianto, S.IP., M.A.

Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan
Ridwan, S.Ag., M.Sy.

Ketua Program Studi Sastra Daerah (Melayu)
Deni Afriadi, S.Pd., M.Sn.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Melayu
Penelitian
Pengabdian

Selasa, 28 Mei 2024, 08:50:16 WIB, 132 View , Kategori : Fakultas Ilmu Budaya

Ket Foto : Kepala BPK Wilayah IV Jumhari, S.S. M.Hum. dan Dekan FIB Unilak Dr. Mohd. Fauzi, S.S., M.Hum. menandatangani MoU

Pekanbaru, 27 Mei 2024 – SKA Convention and Exhibition Center, Pekanbaru, menjadi saksi bisu dari sebuah peristiwa penting yang akan mengukir sejarah baru dalam pelestarian budaya di Riau dan Kepulauan Riau. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning (FIB Unilak), yang diwakili oleh Dekan FIB Dr. Mohd. Fauzi, S.S., M.Hum., menjalin kerjasama strategis dengan Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepulauan Riau, yang diwakili oleh Jumhari, S.S., M.Hum. selaku Kepala.

Acara yang digelar pada Senin ini dimulai dengan persembahan tarian Melayu yang mempesona. Gerak gemulai penari dengan iringan musik tradisional membawa suasana aula ke dalam nuansa kebudayaan Melayu yang kental. Tarian ini berhasil mencuri perhatian seluruh hadirin, menunjukkan betapa kayanya warisan budaya yang dimiliki daerah ini.

Setelah tarian pembuka, acara dilanjutkan dengan sambutan hangat dari kedua belah pihak. Dalam sambutannya, Dr. Mohd. Fauzi menyatakan, “Kerjasama ini adalah langkah nyata dalam upaya kita untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal melalui pendidikan, pengabdian, dan penelitian. Kami berharap ini menjadi awal yang baik untuk berbagai program bersama di masa mendatang.”

Jumhari, S.S., M.Hum., menambahkan dengan penuh semangat, “Kolaborasi ini akan membuka banyak peluang bagi generasi muda untuk lebih mengenal, mencintai, dan melestarikan warisan budaya kita. Kita harus memastikan bahwa budaya kita tetap hidup dan relevan di era modern ini.”

Hadir dalam acara tersebut, dari pihak FIB Unilak adalah Wakil Dekan 1 Iik Idayanti dan Wakil Dekan 3 Muhammad Kafrawi, S.S., M.Sn., serta dari pihak BPK, Hariadi, S.S., M.A., selaku Kasubag BPK yang turut menandatangani MoA. Penandatanganan MoU dan MoA ini disaksikan oleh seluruh hadirin dengan tepuk tangan meriah, menandakan dimulainya babak baru dalam pelestarian budaya di Riau dan Kepri.

Kerjasama ini mencakup empat bidang utama yaitu pendidikan, pengabdian, penelitian, dan program magang Kampus Merdeka. Melalui bidang pendidikan, diharapkan akan ada pertukaran dosen dan pelatihan bagi mahasiswa untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang kebudayaan lokal. Bidang pengabdian akan difokuskan pada program-program yang melibatkan masyarakat secara langsung dalam upaya pelestarian budaya. Penelitian bersama akan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan mengenai budaya lokal, sementara program magang Kampus Merdeka akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung di lapangan.

Kegiatan ini bukan hanya sekedar penandatanganan dokumen, tetapi juga cerminan dari komitmen bersama dalam menjaga dan mengembangkan budaya lokal. Semoga dengan adanya kerjasama ini, budaya Melayu akan semakin dikenal dan dihargai oleh generasi muda. Seperti pepatah mengatakan, “Tak kenal maka tak sayang,” melalui inisiatif ini, kita berharap generasi muda semakin mengenal dan menyayangi budaya mereka sendiri.



Kolaborasi antara FIB Unilak dan BPK Wilayah IV: Berjabat Tangan dan Hati dalam Pelestarian Budaya
Selasa, 28 Mei 2024, 08:50:16 WIB, Dibaca : 132 Kali
Nonton Bareng Film Dokumenter Budaya Melayu di Unilak: Menghidupkan Kembali Warisan Budaya
Kamis, 23 Mei 2024, 21:58:47 WIB, Dibaca : 136 Kali
Mahasiswa FIB Unilak Semester 4 Menggali Muatan Lokal di Istana Siak: Perjalanan Mendalam Memahami Folklor Melayu
Kamis, 23 Mei 2024, 21:34:48 WIB, Dibaca : 150 Kali

Tuliskan Komentar
Galeri Dosen & Karyawan
Sekilas Info
Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lancang Kuning Fakultas Ilmu Budaya Tahun Akademik 2024/2025
Statistik Pengunjung
Pengguna Online 3
Pengunjung Hari ini 32
Hits hari ini 86
Total Hits 182454
Total pengunjung 79413