Unilak Riau-Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Prof Dr Irwan Effendi melantik Dekan di empat fakultas yang ada di Unilak untuk masa jabatan  2024-2028. Pelantikan dilakukan di aula gedung Rektorat. Rabu, 21 Feb 2024 yang disaksikan langsung oleh Rektor Unilak Prof Dr Junaidi, hadir Wakil Rektor I Dr Zamzami, Wakil Rektor II Dr Jeni Wardi. dan Wakil Rektor III Dr Hardi dan dekan, dosen se Unilak.

Empat Dekan yang dilantik yaitu Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr Dini Onasis SE SH,MM,MK AK CA, Dekan Fakultas Teknik Dr Zainuri,ST MT, Dekan Fakultas Pertanian Dr Amalia. dan Dekan Fakultas Ilmu Budaya Dr Moh Fauzi M.Sn. Ada pun Dekan periode 2020-2024 sebelumnya yaitu Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dijabat Dr Arizal, Dekan Faperta oleh Dr Dedy Zargustin, dan Dekan Fakultas Ilmu Budaya dijabat oleh Moh Kafrawi.

Sebelum dilantik, Prof Dr Irwan Effendi terlebih dahulu mengambil sumpah jabatan pejabat yang diikuti ucapan sumpah oleh pejabat yang dilantik, disaksikan oleh ratusan undangan yang hadir. Usai pengambilan sumpah dan jabatan, kemudian Prof Irwan memberikan surat keputusan kepada ke empat dekan. Prof Irwan dalam pesannya mengucapkan terima kasih kepada pejabat dekan sebelumnya yang telah memimpin dan memberikan tenaga pikiran sehingga mampu mengemban tugas dengan baik.

" Perguruan tinggi, dan dosen harus saya minta untuk meningkatkan publikasinya, publikasi itu menjadi salah satu Indeks Kinerja Utama prestasi Universitas, rajin publikasi di jurnal jurnal internasional, scopus dll. Selain itu tingkatkan akreditasi Prodi, saat ini Unilak terus berkembang, mari kita semua bekerja saling bahu membahu, kemudian tingkat jumlah mahasiswa dan layani dengan baik. Budaya lama harus kita tinggalkan, Ujar Prof Irwan Effendi.

Sementara itu, Rektor Unilak Prof Dr Junaidi mengucapkan selamat atas pelantikan ke empat dekan yang baru dilantik. Terima kasih kepada pejabat sebelumnya atas jada dan dedikasi. "Saya lihat kempat dekan ini diantaranya hadir di Unilak pada generasi yang berbeda, dan ada generasi muda.  Saya dengan Dr Zainuri (dekan Teknik) ini adalah generasi ke dua menjadi dosen di Unilak dan satu angkatan, sementara tiga dekan lainnya adalah generasi ketiga, artinya dari segi usia masih muda, semangat tinggi. Untuk itu maka perlu meningkatkan kinerja, meningkatkan prestasi, meningkatkan layanan yang baik kepada mahasiswa, agar jumlah mahasiswa terus bertambah.

Dijelaskan Prof Junaidi, berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru, maka kita semua harus dapat menjadi marketing Unilak dan mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang Unilak. Di tahun ini untuk menggaet jumlah mahasiswa baru kita memiliki program afiliator.

"Semua orang dapat bergabung dan menjadi bagian marrketing untuk mengajak masyarakat untuk dapat kuliah. Afiliator Unilak akan mendapatkan keuntungan, benefit yang dapat diakumulasikan berapa banyak mahasiswa yang bisa kita datangkan ke Unilak. Masyarakat umum pun dapat mendaftar. silahkan bergabung. Afiliator ini model marketing zaman sekarang.Ujar Prof Junaidi.

Pelantikan dekan di lingkungan Unilak juga dilaksanakan beberapa kegiatan lainya, yaitu peringatan israq mi raj, pemberian asuransi kepada ahli waris Dr Helwen yang telah meninggal dunia, penandatanganan MoU Unilak dengan Oxsa Akademi dll. Diakhir acara seluruh civitaas akademika memberikan ucapan selamat kepada pejabat dekan yang baru dilantik.